Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Navigasi Header

Ta'lim Muta'alim | Muqoddimah

بسم الله الرحمن الرحيم    

    Segala puji bagi Allah yang telah mengutamakan Bani Adam dengan dengan ilmu dan amal untuk seluruh alam. Sholawat semoga terucurah limpahkan teruntuk tuannya orang Arab dan orang Ajam, dan teruntuk sahabat-sahabatnya; yakni sumber-sumber ilmu dan hikmah. Setelahnya, ketika aku (Mushonif) melihat banyak para penuntut ilmu di masa kita menginginkan ilmu namun (malah) tidak kecapaian atau terhalang dari manfaat dan buahnya ilmu; yaitu pengamalan serta penyebaran ilmu, ketika mereka menyalahi aturan / prosedur dan syarat-syaratnya (memperoleh) ilmu, sesiapun yang menyalahi aturan maka ia tersesat dan tidak akan mendapatkan tujuannya; sedikit ataupun banyak.

    Maka saya (Mushonif) berkeinginan dan berkemauan untuk menerangkan pada mereka aturan belajar berdasarkan apa yang saya lihat (baca) di dalam kitab-kitab dan pernah didengar dari guru-guruku yang berilmu dan bertuah dengan harapan semoga para penggemar ilmu mendoakanku dengan keberuntungan, keselamatan di hari kiamat, setelah aku memohon petunjuk kepada Allah Ta'ala (dalam mengarang kitab). Dan kunamakan kitab itu dengan تعليم المتعلم طريق التعلم.

    Aku buat beberapa fasal / bab untuk kitab ini; fasl tentang hakikat ilmu, memahami dan keutamaannya, fasl tentang niat ditengah-tengah belajar, fasl tentang memilih ilmu, guru, rekan dan keteguhan, fasl tentang mengagungkan ilmu dan orang yang berilmu, fasl tentang kesungguhan, komitmen serta keinginan (yang kuat), fasl tentang permulaan / pembukaan belajar, standar dan urutannya, fasl tentang kepasrahan, fasl tentang masa keberhasilan, fasl tentang belas kasih dan nasihat, fasl tentang mengambil manfaat (dari ilmu), fasl tentang (sikap) Waro' ditengah proses belajar, fasl tentang faktor penyebab ingat dan lupa, fasl tentang apa-apa yang bisa mendatangkan rezeki dan pencegahnya serta apa-apa yang menambah dan mengurangi umur. Tidak ada pertolongan bagiku kecuali Allah, kepadanya aku berpasrah diri dan padanya pula aku kembali.

Post a Comment for "Ta'lim Muta'alim | Muqoddimah"