Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Navigasi Header

Khutbah Jum'at | Kewajiban Tolong Menolong dan Persatuan

 بـسم الله الـرحـمن الـرحـيـم

Khutbah Jum'at | Kewajiban Tolong Menolong dan Persatuan
Masjid Al Ilham Gebang Patrang

السَّلَامُ عَلَـيـكُـم وَرَحـمَـةُ اللهِ وَبَـرَكَاتُـهُ الـحَـمدُ لِلهِ الَّذِي أَمَـرَنَـا بِالـتَّـعَـاوُنِ وَالإتِّـحَـادِ وَنَـهَـانَـا عَـنِ الـتَّـخَـالُـفِ وَالإنـفِـرَادِ. أَشـهَـدُ أَنْ 

لَا إلَـهَ إلَّا اللهُ وَأَشـهَـدُ أَنَّ مُـحَـمَّـدًا عَـبـدُهُ وَرَسُـولُـهُ. اللهُمَّ صَلِّ وَسَـلِّـمْ عَلَـى مُـحَـمَّـدٍ وَعَلَى آلِـهِ وَأَصـحَـابِـهِ وَمَـنْ وَالَاهُ أَمَّـا بَعـدُ, فَـيَـا

أَيُّـهَـا الـنَّـاسُ اتَّـقُـوا اللهَ فَـإنَّ تَـقـوَاهُ نِـعـمَ العُـدَّةِ لِـيَـومِ الـمَـعَـادِ


Ma'asyiral Muslimin, sidang Jum'at yang dimuliakan oleh Allah.
Marilah kita senantiasa meningkatkan taqwa kita pada Allah SWT. dengan melaksanakan segala perintah-Nya dengan penuh kesadaran dan keikhlasan, juga menjauhi dan meninggalkan larangan-larangan-Nya dengan penuh kesadaran serta keikhlasan.

Betapa beruntungnya orang-orang yang bertaqwa, karena Allah selalu bersamanya, senantiasa memberikan jalan keluar disetiap kesulitan, mempermudah permasalahan yang terjadi dan Ridlo-Nya selalu menyertai kita.

Hadirin, Jamaah Jum'at yang dimuliakan oleh Allah ........
Sejatinya manusia merupakan makhluk yang tidak bisa hidup sendirian dan menyendiri dari masyarakat umum atau dengan kata lain kita semua adalah makhluk sosial, selalu berkelompok untuk saling bahu-membahu. Oleh sebab itu, diantara kepentingan manusia yang paling penting ialah saling tolong-menolong dan persatuan.

Begitupun sebaliknya, paling jeleknya kejelekan adalah perpecahan, perselisihan dan sikap acuh tak acuh yang tidak memperdulikan orang lain, yang lebih mementingkan keselamatan dan kebahagian dirinya daripada orang lain. Oleh sebabnya, Allah telah memerintahkan kita umat Islam agar selalu bersatu dan saling tolong menolong pada sesama umat Muslim atau bahkan yang non-muslim sekalipun agar dapat saling menguatkan sepertihalnya suatu bangunan yang saling mengokohkan antar bagian dengan bagian yang lain.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah.
Anjuran untuk saling tolong-menolong dan persatuan sangat sering dan banyak ditemui didalam Al Qur'an maupun Hadits, diantaranya adalah hadits dari Anas r.a. yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim yang artinya;

"Janganlah kalian saling memarah-marahi, dengki mendengki, saling bertolak belakan, dan saling putus-memutuskan (tali persaudaraan). Akan tetapi jadilah kalian hamba Allah yang saling bersaudara. Tidak boleh bagi orang Islam memboikot saudaranya lebih dari tiga hari".

Selain itu, diriwayatkan pula oleh Abu Nu'aim dari Anas r.a. bahwa Nabi bersabda yang artinya;

"Barang siapa yang mendatangi hajat saudaranya muslim, maka ada baginya pahala seperti pahala yang diperoleh orang yang menunaikan haji dan umroh".

Dari kedua hadits tadi, bisa kita ambil benang merahnya bahwa sebagai seorang Muslim yang baik kita didorong untuk saling menolong dan bersatu padu, yang kaya membantu yang miskin, yang muda menolong yang tua, yang kuat membantu yang yang lemah dan seterusnya. Jika kita bisa melakukannya, maka terciptalah keharmonisan dan kekuatan saling menguatkan antar satu dengan yang lain bagaikan suatu bangunan yang kokoh pondasinya.

Hadirin yang berbahagia ......
Rasa persatuan merupakan sesuatu yang indah dan sejuk dipandang mata, kita melindungi orang lain seperti kita melindungi diri kita sendiri, apabila ada 1 orang yang tersakiti, maka 1 umat akan membantu dan mencari solusi untuk menyembuhkan kesakitan yang dialami saudaranya. Dan dengan sikap saling respect ini, maka tidak ada lagi orang sombong yang membanggakan dirinya sendiri.

Betapa pentingya rasa persatuan dan kesatuan sampai sampai Rasulullah mengkhawatirkan adanya perpecahan pada umatnya, jika perpecahan telah tumbuh pada kaum Muslimin, maka dengan mudahnya musuh-musuh Islam akan menghancurkan agama ini dari muka bumi. Allah berfirman dalam Surah Al Maidah ayat 2 yangmana artinya;

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertaqwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya".

Ma'asyirol Muslimin rahimakumullah ...............
Maka dari itu, melalui mimbar yang agung ini saya berwasiat pada diri saya khususnya dan pada para jamaah Jum'at sekalian untuk membina rasa persatuan dan kesatuan. Mudah mudahan Allah SWT meridloi kita semuanya. Amin.

أَعُـوذُ بِاللهِ مِـنَ الشَّـيطَانِ الـرَّجِـيـمِ. وَاعـتَـصِـمُـوا بِـحَـبـلِ اللهِ جَـمِـيـعًـا وَلَا تَـفَـرَّقُـوا بَـارَكَ اللهُ لِي وَلَكم فِي الـقُـرآنِ الـعَـظِـيـمِ وَنَـفَـعَـنِـي

وَإيَّـاكُـم بِـمَـا فِـيـهِ مِـنَ الآيَـاتِ وَالذِّكـرِ الـحَـكِـيـمِ. وَتَـقَـبَّـلْ مِـنِّـي وَمِـنـكُـم تِـلَاوَتَـهُ إِنَّـهُ هُـوَ الـسَّـمِـيـعُ العَـلِـيـمُ. وَقُلْ رَبِّ اغـفِـرْ لِـي

وَارحَـمْ وَأَنـتَ خَـيـرُ الـرَّحِـمِـيـنَ

Post a Comment for "Khutbah Jum'at | Kewajiban Tolong Menolong dan Persatuan"